no-script Pahami Kelebihan Dapur Modular dan Perbedaannya dengan Non Modular! | Mitraruma
Mitraruma

Pahami Kelebihan Dapur Modular dan Perbedaannya dengan Non Modular!

contoh dapur modular

Mengikuti perkembangan yang ada, kini makin banyak dapur yang dikonsep dengan modern agar gaya dan tampilan ruangan tidak terkesan monoton dan terlihat lebih trendi. Salah satu desain dapur modern yang kini tengah populer dan banyak digunakan adalah gaya dapur modular.

Mungkin dari namanya banyak yang belum bisa mengenali jenis dapur ini, namun ketika melihat bentuknya kita bisa langsung paham bahwa jenis dapur ini didesain agar ruangan menjadi lebih efisien, terutama untuk ruang yang minimalis. Penasaran? Yuk, simak selengkapnya!

Mengenal Dapur Modular

contoh kitchen set dapur hitam

Dapur modular adalah konsep dapur yang mengutamakan tata letak furnitur dapur modern yang terdiri dari modul lemari (biasanya terbuat dari bahan diversifikasi untuk menahan isi di dalamnya), yang dapat memudahkan penggunaan ruang secara efektif.

Unit atau set kabinet pada dapur modular terpisah antara yang atas dan yang bawah. Dengan adanya penempatan unit atau set kabinet pada bagian atas, akan memberikan akses lebih untuk berbagai aktivitas di ruang dapur.

Elemen-elemen yang terdapat pada konsep dapur satu ini biasanya adalah lemari kayu, penutup meja, aksesori internal, kompor, built-in oven, wastafel, mesin pencuci piring hingga kulkas serta pelengkap lainnya. Bisa dibilang, ragam furnitur atau perlengkapan dapur yang digunakan adalah yang modern.

Lalu, apa saja yang menjadi kelebihan dapur modular?

5 Kelebihan Dapur Modular

kitchen set letter L posisi membingkai dapur.webp

Membuat tampilan dapur jadi lebih estetik

Dengan pemilihan tata ruang serta perlengkapan dapur yang modern, akan membuat dapur terlihat lebih estetik dan jauh dari kesan dapur yang kotor. Selain itu, pemilihan warna pun bisa mendukung agar konsep dapur bisa berpadu dengan konsep hunian secara keseluruhan.

Pemasangan dan pembongkaran yang mudah

Penggunaan kabinet yang dirancang untuk mudah dipasang dan dilepas per unitnya, maka kelebihan selanjutnya adalah proses pemasangan dan pembongkaran dapur yang mudah dan tidak terlalu memakan banyak waktu.

Mengoptimalkan ruang

Membuat ruangan terlihat lebih luas dengan adanya pembagian unit kabinet pada bagian atas dan bawah, ruangan bisa dioptimalkan sehingga tidak ada bagian atau sudut yang tidak terpakai. Kita bisa dengan mudah menyimpan peralatan makan, peralatan masak, hingga gas pada bagian bawah dan menyimpan makanan serta pelengkapnya pada bagian atas. Dapur akan terasa lebih efektif dan efisien dalam hal penggunaan.

Kombinasi warna yang lebih beragam

Bicara soal pilihan kabinet, baik bagian atas atau bawah ada banyak pilihan warna yang bisa dipilih. Pembelian kabinet yang terpisah-pisah juga akan menghasilkan kombinasi warna yang beragam dan menarik. Hal ini tentu saja akan memudahkan Anda agar konsep dapur nantinya bisa selaras dengan konsep hunian dan tentunya membuat dapur terlihat lebih dinamis.

kitchen-set-banner.webp

Dapat mengikuti bentuk dapur itu sendiri

Sama seperti poin sebelumnya yaitu mengoptimalkan ruang, kelebihan dapur modular adalah dapat mengikuti bentuk dapur yang sudah ada. Alih-alih mendesain ulang dapur yang sudah ada, Anda bisa dengan mudah menyesuaikan kabinet serta perangkat lainnya agar bisa tertata dengan baik pada dapur Anda.

Perbedaan Dapur Modular dengan Dapur Konvensional

Tentu saja ada perbedaan yang besar pada dapur modular dan dapur konvensional. Di luar dari kelebihan-kelebihan di atas, ada dua perbedaan yang besar di antara dapur modular dan dapur konvensional, yaitu:

Dapur modular memiliki berbagai macam tema yang bisa diusung dibandingkan dapur konvensional. Jika dapur konvensional memiliki peralatan serta perlengkapan yang itu-itu saja, dapur modular bisa disesuaikan gayanya bahkan mulai dari hal yang terkecil seperti perlengkapan makan. Anda hanya perlu memadankan saja gaya yang akan diusung dengan konsep hunian.

Ada perbedaan dalam merangkai tiap komponen pada kedua jenis dapur ini. Jika di atas sudah disebutkan, dapur modular terdiri dari kabinet-kabinet, tentu saja akan ada kemudahan untuk dilakukan pengukuran serta penempatan pada ruangan. Sedangkan pada dapur konvensional, peralatan serta perlengkapan yang ada mau tidak mau harus cukup untuk ukuran ruangan.

Bagaimana, jadi tertarik mengubah dapur Anda menjadi dapur modular? Anda bisa mendatangi Mitraruma yang siap menyediakan jasa renovasi rumah sesuai dengan kebutuhan Anda, tanpa perlu khawatir karena dilakukan oleh profesional dan disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan pelanggan. Dapatkan juga promo kitchen set dapur modular khusus untuk Anda sekarang!

More content